Gambaran diatas mungkin sesuai dengan kelas Anda sekarang. Atau, mungkin, gambaran tersebut hanyalah sebentuk impian. Quantum Teaching menunjukkan cara untuk menjadi guru yang lebih baik. Quantum Teaching menguraikan cara-cara baru yang memudahkan proses belajar Anda lewat pemaduan unsur seni dan pencapaian-pencapaian yang terarah, apapun mata pelajaran yang Anda ajarkan.
Proses belajar/mengajar adalah fenomena yang kompleks. Segala ssuatunya, berarti setap kata, pikiran, tindakan, dan asosiasi, dan sampai sejauh mana Anda mengubah lingkungan, presentasi, dan rancangan pengajaran, sejauh itu pula proses belajar berlangsung (Lozanov, 1978).
Quantum Teaching mencakup petunjuk spesifik untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif, merancang kurikulum, menyampaikan isi, dan memudahkan proses belajar.
- ASAS UTAMA
Begini maksudnya, konsep tersebut mengingatkan kita pentingnya memasuki dunia murid sebagai langkah pertama. Untuk mendapatkan hak mengajar, pertama-tama kita harus membangun jembatan autentik memasuki kehidupan murid. Sertifikat mengajar atau dokumen yang mengizinkan kita mengajar hanya berarti bahwa kita memiliki wewenang untuk mengajar. Hal ini tidak berarti bahwa kita mempunyai hak unuk mengajar. Mengajar adalah hak yang harus diraih, dan diberikan oleh siswa, bukan oleh Departemen Pendidikan. Belajar dari segala definisinya adalah kegiatan full contact. Dengan kata lain, belajar melibatkan semua aspek kepribadian manusia (pikiran, perasaan, dan bahasa tubuh) di samping pengetahuan, sikap dan keyakinan sebelumnya serta persepsi masa mendatang. Dengan demikian, karena belajar berurusan dengan orang secara keseluruhan, hak untuk memudahkan belajar tersebut harus diberikan oleh pelajar dan diraih oleh guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar